Liburan ke EROPA cuma modal Rp 500000

 Cara berkunjung ke Eropa hanya dengan uang Rp 500.000


Mengunjungi negara Eropa sebagaian besar adalah keinginan masyarakat indonesia tetapi itu tidaklah mudah terutama bila anda memiliki keuangan yang sangat tidak terjangkau .

Disisi lain selain aturan dari negara Eropa yang ketat sehingga menambah kesulitan itu.

Tapi disini saya mau membagikan pengalaman saya bagaimana berkunjung ke Eropa dan apa aja prosedurnya.

Kepoin aja nih

Sebelumnya saya menjelaskan dulu bahwa negara Eropa yang saya kunjungi adalah negara Jerman yang memiliki populasi sangat sedikit bila dibandingkan dengan Indonesia. Tapi Negara Eropa adalah negara adidaya yang memiliki kehidupan penuh kedisplinan yang tinggi,aturan di semua bidang yang ketat,udara yang dingin dan yang paling saya sukai adalah persamaan kodrat antara wanita dan pria.

Di jerman pemimpin negaranya adalah wanita. saya sangat semangat sekali dengan aturan yang ini karna di Indonesia ,persamaan kodrat wanita masih saja kurang di hargai. Dan itu membuat saya sangat tidak suka terutama dengan suku batak dimana saya berasal.Kaum lelaki terlalu di agungkan daripada wanita.

contohnya ; saat acara pesta,yang sibuk masak,urus semua persiapan adalah wanita tetapi yang di persiapkan dan disilahkan dahulu adalah kaum pria untuk makan, untuk yang kasus seperti ini saya sangat tidak suka.

Mungkin ada diantara kalian para pembaca yang juga berasal dari suku batak mengalami seperti yang saya yang alami?kesenjangan kodrat

tetapi semua masalah itu tidak ada di Jerman.

Ok .sekarang kita mulai bagaimana cara saya bisa berkunjung ke jerman

Watch this

DI tahun 2017 saya menikah dengan seroang warga negara Jerman secara legal .

Yang dimaksud legal disini adalah terdaftar juga di pemerintah jerman .Semua pengurusan surat-surat kami lakukan bersama walaupun sangat bingung dengan aturan 2 negara yang berbeda dan akhirnya semua beres dalam waktu 1 tahun.

Di tahun 2019 saya datang ke jerman unutk pertama kalinya dengan menyertakan surat nikah yang sudah dilegalisir oleh pemerintah jerman dan dengan bahasa jerman.Pengajuan visa saya disetujui dan malah saya di tawarkan oleh kedutaan unutk tinggal di jerman.Saat itu saya mengajukan visa schengen yang mana bisa di gunakan unutk 63 negara Eropa selama 3 bulan. saat itu mudah dan saya tidak perlu membayar visa karna suami saya asli Jerman namun bila suami kalian bukan warga negara Jerman kalian harus membayar sejumlah biaya untuk pengajuan visa.

Di tahun 2022 setelah corona berlalu ,keadaan berubah ,peraturan pun banyak berubah yang dulunya bila mengajukan visa dilakukan di konsulat saja sekarang tidak diijinkan lagi . Kedutaan menunjuk sebuah agency namnya VFS untuk mengurus semua hal yang berhubungan dengan visa di agency VFS tersebut dan yang pastinya ada biaya tambahan untuk itu selain biaya visa ya..


Watch this

Kadang kalau di pkir-pikir ya ,selama corona keadaan ekonomi terpuruk tetapi keadaan setelah corona makin tambah buruk dengan bertambahnya biaya-biaya yang seharusnya kita tidak perlu keluarkan...

Pesayaratan yang saya lengkapi adalah pasport terbaru minimal aktif 6 bulan, foto untuk visa terbaru,asuransi kesehatan selama di jerman dan asuransi penanganan corona bila terinfeksi disana ,surat undangan dari suami,sertakan akte nikah yang dalam bahasa jerman dimana sudah di legalisir di beberapa instasi di indonesia,isi formulir online,bayar fees VFS (Rp700.000),print tiket .Saat pengajuan saya hanya menyertakan tiket bodong karna kan belum pasti tanggal berapa visanya turun tapi yang pasti pengurusanya min 21 hari .semua dokumen dibawa ke kantor VFS dan di cek oleh mereka serta di tanya-tanya ya.

oya saya mau kasih tau disini karna saya seorang istri jadi saya gak perlu buat janji temu dulu dan gak perlu bayar di awal  tetapi bila kalian yang belum atau bukan pasangan dari warga negara Eropa ,kalian di wajibkan buat janji temu dulu dan diminta pembayaran di awal.

Bila visa kalian disetujui pasport akan dikirim kerumah kalian tetapi bila visa di tolak maka uang kalian akan hangus ya ..

Tanggal 7 november ada kurir datang mengantarkan pasport dan saya disuruh tandangan di sebuah kertas.karna pasport dokumen negara jadi mereka sangat hati-hati.

Di pasport saya tertempel visa yang menyatakan pengajuan saya di approve .

Nah selanjutnya yang saya lakukan adalah bersiap-siap dan cari money changer . Saat saya ke money changer ,saya lakukan perbandingan dengan beberapa money chager lain ternyata nilai kurs belinya sama .Saya harus punya beberapa uang euro untuk jaga-jaga di perjalanan. Walaupun saya tau semua kebutuhan saya di perjalanan sudah dapat di pesawat tetapi saya lakukan untuk jaga-jaga aja.

Akhirnya menemukan money changer yang menurut saya sama nilai kursnya dan terlihat kantornya bisa di percaya.Karna banyak money changer yang curang adi kalian harus hati-hati.saya menukar uang Rp500.000 ke euro dan dapatnya cuma 30 euro. Sangat sedikit sekali.

Click here

Saatnya tiba tanggal 14 november 2022 saya berangkat dari denpasar ,check in jam 6 sore dan terbang jam 9.30 pm ke singapur disana saya transit selama 1.5 jam di jam 12.30 pm .Semua penumpang terlihat lelah sekali dan saya tidak menemukan penjual makanan dan air minum.Ternyata di changi airport singapur mereka menyediakan station pomp air minum yang bisa langsung diminum tapi butuh botol air minumnya.

Setelah menunggu lama saya liat berbapa penumpang yang akan ke Amsterdam ,mereka bersiap berganti bantu yang lebih tebal lagi .Dan saya ikut-ikutan .Menggunakan 2 lapis celana ,kaos kaki tebal,jaket tebal dan sarung tangan tebal.

Jam 1.30 pm para pramugari KLM akhirnya meminta para penumpang untuk bersiap-siap antri di barisan . Mereka mengecek pasport dan borading pass kita semua.

Ok saatnya masuk ke dalam pesawat dan istirahat di dalam pesawat selama 18 jam terbang dengan tersedia makanan ala eropa di dalam pesawat. Disini saya agak sedikit kaget karna pramugari dan pramugaranya semua sudah di atas usia 40 tahun.Saya teringat di Indonesia , Semua pramugara dan pramugari harus di atas umur 21 thn di bawah 30 tahun yang pasti masih muda..tetapi di pesawat KLM semua awaknya sudah berusia.Disitu saya menyimpulkan bahwa mereka tetap memberdayakan semua manusia yang masih ingin bekerja.Dan tidak melihat usia .


Click

18 jam berlalu dan akhirnya saya tiba di Amsterdam dengan cuaca agak dingin.Disana saya menunggu 3 jam .Saya mencari  air putih harganya 3 euro ( sekitarRp 48.000).Mahal sekali.

Di bandara Amsterdam semua dokumen kita di periksa dan di tanya-tanya lagi.

Ahirnya panggilan untuk masuk pesawat dengan tujuan Stutgard .Didalam perjalanan 3 jam akhirnya tiba juga di airport stutgard.


Cukup sampai disini ceritanya nanti kita akan sambung dengan cerita selam di jerman .







Komentar

Posting Komentar

berita

Cara menjaga sayur-sayuran tetap segar

"Revitalize Your Love Story with the Relationship Rewrite Method: Experience Unprecedented Conversions and a Remarkable 90% Success Rate!"